Sejarah Kerajinan Kulit Binatang - Materi Kriya Kulit

 on Wednesday, August 24, 2016  

Sejarah Kerajinan Kulit Binatang - Dalam sejarahnya penggunaan kulit binatang sebagai bahan kerajinan, sudah digunakan sejak dahulu oleh nenek moyang kita, namun belum ditemukannya sumber yang pasti mengenai sejak kapan kulit dijadikan barang kerajinan, kalau dilihat dari fakta sejarah, dalam kehidupan zaman pra sejarah nenek moyang kita sudah menggunakan bahan kulit untuk menutupi bagian-bagian tubuh mereka, sehingga terhindar dari serangan cuaca.
Meskipun dibuat dalam bentuk yang sederhana dan bahkan belum mengenai proses penyamakan, sehingga kulit yang digunakan adalah kulit mentah. Pada zaman sekarang kegunaan kulit boleh dikatakan sudah tidak asing lagi untuk kebutuhan sehari-hari seperti dibuat sepatu, tas, jaket dan barang untuk hiasan souvenir dan lain sebagainya.
sejarah kerajinan kulit binatang
Kegunaan kulit pada jaman dahulu, di samping untuk menghindari cuaca juga diperkirakan terjadi karena digunakan untuk membungkus luka-lukanya dengan kulit, kaki berdarah, memar terantuk batu, atau karena panas padang pasir, dengan demikian terjadilah bentuk sepatu yang pertama kali. Tujuan untuk perlindungan dan enak dipakai, lagi pula orang dapat berburu lebih mudah dan dengan cepat dapat menjelajahi daerah-daerah yang amat luas.

Sejarah Pemanfaatan Kulit di Berbagai Negara

Kerajinan Kulit di Timur Tengah

contoh kerajinan kulit
Pemanfaatan kulit semakin berkembang, sehingga timbul keinginan untuk mempelajari bagaimana cara-cara pengolahan dan pemanfaatan kulit secara lebih luas. Barang-barang dari kulit sudah ditemukan di Mesir berumur lebih kurang 33 abad, dan bangsa Arab Kuno telah memanfaatkan kulit sebagai perlengkapan sehari-hari. Bahkan, resep penyamakannya sudah digunakan berabad-abad dan turun-temurun sampai sekarang. Kulit mula-mula diberi tepung dan garam selama tiga hari, kemudian tangkai dari pohon Gholga ditumbuk dengan batu dan direndam dalam air.
Kemudian kulit bagian dalam diberi air rendaman tadi selama sehari dan ini diulang beberapa kali. Bangsa Arab adalah bangsa yang mempunyai imajinasi yang kuat, terkenal sebagai pembuat pelana yang indah. Demikian juga bangsa Yahudi mengatakan mereka sebagai penemu pertama bahan-bahan penyamak, dan cara penyamakan yang sama baik dengan penyamakan modern di Amerika. Cara-cara kuno lainnya ialah proses Shamoying, dalam proses ini pori-pori dibuka dengan pencucian yang berulang-ulang, kemudian memasukkan minyak pada pori-pori kulit (penggemukan) dan pementangan pada frime. Kulit yang empuk (lemas) disebut shamoy dan seluruh pakaian kulit pada abad itu terbuat dari kulit shamoy.

Kerajinan Kulit di Eropa

contoh kerajinan kulit di eropa
Bangsa Yunani meletakkan penyamakan kulit di luar dinding tembok kota, kulit yang basah dibuka dan dibentangkan di tanah agar diinjak-injak orang, dengan tujuan agar kulit menjadi lemas. Bangsa-bangsa Yunani, Romawi dan Mesir penyamakannya semua menggunakan air kapur untuk menghilangkan bulu dari kulit. Mereka telah menggunakan pisau pembersih dan balok sebagai kelengkapan kerja, serta penggunaan getah pe nyamak dalam penyamakan kulit, kulit dilipat dengan ditaburi bubukan kulit pohon di dalamnya, kadang-kadang akar dan buah bermacam-macam ditambahkan, kemudian kulit diletakkan di "ickle" beberapa bulan.
Di negara-negara beriklim dingin kulit merupakan barang yang sangat vital terutama sebagai bahan pakaian untuk melindungi tubuh dari cuaca dingin. Pada zaman modern sekarang digunakan untuk pembuatan jas dan jaket, pada prinsipnya adalah adaptasi dari pakaian zaman dahulu. Memori-memori yang diketemukan, bangsa Yunani kuno telah menggunakan kulit secara meluas untuk baju, sepatu, hem, celana dan sebagainya.
Demikian juga bangsa Anglo Sakson telah menggunakan dengan dekorasi dari bahan logam. Marcopolo penjelajah yang terkenal dari Venesia pada abad ke 13 adalah orang Eropa yang pertama kali menerobos sampai ke benua Asia yaitu sampai di Tiongkok dan Mongolia. Pada jaman dahulu diceritakan bahwa serdadu-serdadu Kubilai Khan kerajaan Tartar dan China yang terbesar menggunakan pakaian dari kulit (baju besi).
Ketika Marcopolo mengunjungi India ia menemukan penutup bet dibuat dari kulit yang ben/varna merah dan biru serta disulam dengan logam dan emas. Ketika bangsa Arab dan Moors menaklukkan Spanyol mereka memperkenalkan ke Eropa kerajinan kulit berupa pelana pad a abad ke 15. Pelana Arab mempunyai ornament yang indah dan waktu terjadi kolonialisasi di Amerika Selatan dan Mexico seni ini dikembangkan disana oleh orang Spanyol.
Pada abad pertengahan industri-industri mulai diorganisir demikian juga industri kerajinan kulit. Di Perancis tahun 1397 didirikan industri kulit dan diawasi oleh gereja, sedangkan di Inggris industri kulit mulai dikembangkan. Cordova adalah pusat industri dan perdagangan kulit di Spanyol dan nama Cordovan diberikan pada kulit yang digunakan oleh orang Moors dan Arab populer sampai sekarang.
Selama abad pertengahan penggunaan kulit semakin meluas dan orang-orang Mesir, Yahudi menggunakan kulit untuk menulis berbagai buku dimana diberi dekorasi dengan logam emas, dan warna yang indah. Buku-buku ditulis dan diberi ilustrasi dengan tangan, pembuatannya memerlukan proses yang lama maka harus dipilih dari bahan-bahan yang memenuhi syarat, dan pilihan itu jatuh pada kulit.

Kerajinan Kulit di Amerika

Pada waktu di Amerika diketemukan, orang-orang Indian telah mengalami bermacam-macam cara penyamakan. Mereka menggunakan kulit untuk bermacam-macam keperluan yaitu untuk pakaian, sampan, tenda dan sebagainya. Barang-barang dari kulit yang dibuat orang Indian terkenal dengan "buchskintan" yang sangat empuk dan tidak tembus air. Wanita-wanita India sangat ahli dalam pembuatan pakaian dari kulit.
Sampai pada akhir abad ke 18 tak ada seorangpun yang membuat studi tentang proses penyamakan, hanya sebuah buku menguraikan penyamakan kulit dengan buku dihilangkan dan diberi bahan penyamak dari tumbuh-tumbuhan. Sir Humphrey Davy ilmuwan Inggris di Amerika menemukan bahan-bahan penyamak yang terdapat pada macam-macam pohon yang banyak tumbuh di Amerika. Hal ini sangat penting untuk mensuplai kebutuhan bahan penyamak dan perkembangan industri di Amerika.
Revolusi penemuan yang terkenal pada abad 19, ialah ditemukannya penyamakan dengan chrome dan alumunium. Ahli kimia Amerika Agustus Schultz menemukan garam Chromium yang khusus dihasilkan untuk kulit. Proses baru ini mengakibatkan kulit menjadi ku at serat-seratnya dan biru warnanya. Penyamak muda Philadelpia Robert Foerderer mempelajari obat penyamakan chrome dengan sabun dan minyak, sekarang terkenal dengan "fatliquoring" agar kulit menjadi lemas atau lentur/elastis dan kuat.
Kurang lebih tahun 1809 ditemukannya dan patenkan oleh Samuel Parker Newburyport Massachusetts mesin pembelah kulit. Penemuan ini maka kesulitan berat kulit dapat teratasi, demikian juga tahun 1840 Mellen Bray menemukan mesin penyetrika. Dengan adanya penemuan -penemuan dan penyelidikan industri kulit dan cara-cara penyamakan meluas keseluruh dunia. Industri-industri penyamakan sekarang merupakan bagian penting dalam kehidupan industri dan ekonomi kita.

Kerajinan Kulit di Indonesia

Pada umumnya bahan baku kulit di Indonesia, sangat berkecukupan, yang digunakan sebagai bahan utama dalam industri perkulitan dan karya seni. Bahan kulit ini ada yang diolah menjadi perkamen. namun ada pula yang digunakan setelah mengalami proses penyamakan, sehingga menjadi kulit-jadi (leather).
kerajinan penyamakan kulit
Pemanfaatan kulit sebagai bahan kriya kulit mengalami kemajuan yang sangat pesat, sehingga bermunculan industri perkulitan dan kriya kulit di wilayah Indonesia ini didukung oleh berbagai faktor, salah satunya adalah pertanian/peternakan. Kulit dihasilkan dari binatang ternak. sehingga selama orang masih memelihara atau memanfaatkan dan mengonsumsi daging binatang ternak tersebut, kulit akan tetap tersedia.

Macam Macam Industri Perkulitan

Industri perkulitan dapat dikelompokkan menjadi dua. yaitu industri perkulitan yang menggunakan bahan baku kulit perkamen. dan industri perkulitan yang menggunakan bahan kulit tersamak (kulit-jadi). Kedua kelompok ini memiliki karakter yang berbeda satu dengan lainnya. Namun, dalam perkembangannya yang berkaitan dengan dunia seni. keduanya dapat disatukan dalam seni kontemporer.
Demikianlah artikel materi smk kriya kulit tentang sejarah kerajinan kulit binatang, semoga bisa memberikan manfaat kepada anda tentang asal usul kerajinan kulit di dunia. Ternyata, di berbagai belahan dunia juga terdapat industri-industri penyamakan kulit dan pengolahan pemanfaatan kulit lainnya.
Sejarah Kerajinan Kulit Binatang - Materi Kriya Kulit 4.5 5 Admin Panduan Wednesday, August 24, 2016 Sejarah Kerajinan Kulit Binatang - Dalam sejarahnya penggunaan kulit binatang sebagai bahan kerajinan, sudah digunakan sejak dahulu oleh ne...


No comments:

Post a Comment